Notification

×

Poros

Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Sport

iklan-admindesku

Indeks Berita

Whats-App-Image-2023-10-14-at-15-02-39-57158036

Hot Isue

Tag Terpopuler

Jadi Menu Wajib Tiap Pekan, Asisten : Rakor TPID Bantu Kendalikan Inflasi

Sabtu, 31 Agustus 2024 | Agustus 31, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-31T14:41:07Z


PorosSulteng-Palu-Rakor Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) yang rutin dilaksanakan secara virtual setiap hari senin, telah menjadi menu ‘sarapan pagi’ bagi TPID seluruh Indonesia guna memastikan tingkat inflasi terkendali.

Hal ini disampaikan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Dr. Rudi Dewanto, S.E., M.M saat membuka Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) dan Capacity Building TPID se-Sulteng di hotel Santika, Jum’at sore (30/8/2024).

“Alhamdulillah inflasi kita tetap terjaga di bawah 3 persen”, ujarnya mengawali sambutan gubernur yang dibacakan.

Kegiatan ini dipandang sebagai momentum penting untuk mengevaluasi upaya-upaya TPID, saling memberi ide masukan dan merumuskan strategi jitu guna menghadapi tantangan inflasi di masa depan.

Asisten lalu menekankan 4 poin yang harus diperkuat TPID yakni mengoptimalkan anggaran untuk program pengendalian inflasi; meningkatkan sinergi dan kolaborasi; mewaspadai lonjakan inflasi pangan dan memanfaatkan teknologi dan data untuk pengambilan keputusan.

“Semoga kita bisa saling mengingatkan supaya inflasi terjaga dan masyarakat bisa hidup sejahtera dengan harga-harga terkendali”, harapnya.

Terlebih Ia menginginkan supaya Sulteng bisa meraih lagi TPID award sebagai pengakuan atas kerja keras dan dedikasi dalam pengendalian inflasi.

Sejurus dengan itu, Kepala Perwakilan BI Sulteng Rony Hartawan merekomendasikan beberapa langkah tindak lanjut untuk meningkatkan capaian pengendalian inflasi Sulteng.

Diantaranya dengan meningkatkan e-commerce lokal, membangun BUMD pangan, mengencarkan pasar murah dan Warung Komoditas Pangan (Warkop), menyelenggarakan lomba tanam cabe dan bawang antar kelurahan/desa, merutinkan rakorda dan High Level Meeting (HLM) TPID dan melakukan kerjasama antar daerah dengan wilayah sentra pangan untuk mencegah inflasi komoditas pangan.

“Harus ada strategi supaya bisa menang,” singkatnya berpesan.

Di kesempatan yang sama, Asisten Rudi Dewanto menyerahkan apresiasi kepada TPID Kabupaten Kota yang menghasilkan capaian pengendalian inflasi terbaik pada periode semester I 2024.

Apresiasi terbaik 1, 2 dan 3, masing-masing diraih oleh TPID Kota Palu, TPID Kabupaten Banggai dan TPID Kabupaten Poso.

Rakor Daerah dan Capacity Building ini dihadiri oleh seluruh anggota TPID provinsi dan kabupaten kota se Sulteng.

Sumber : Biro Administrasi Pimpinan/PPID Pelaksana

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini