Notification

×

Poros

Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Sport

iklan-admindesku

Indeks Berita

Whats-App-Image-2023-10-14-at-15-02-39-57158036

Hot Isue

Tag Terpopuler

Buka Rakor KPA Tingkat Sulteng, Asisten Harap Komitmen Kepala Daerah Dukung Penanggulangan HIV-AIDS

Rabu, 18 September 2024 | September 18, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-09-18T09:37:10Z


PorosSulteng-Palu, Sulawesi Tengah - Gubernur Sulawesi Tengah diwakili Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Rudi Dewanto membuka secara resmi Rapat Koordinasi (Rakor) Komisi Penanggulangan Aids (KPA) se-Sulawesi Tengah. Bertempat, di Ruang Kerja Asisten II Kantor Gubernur Sulteng dan Ruang Rapat Diskominfosantik Sulteng. Rabu, (18/9/2024).

Penanggulangan AIDS merupakan wadah koordinasi untuk pengendalian HIV-AIDS dimana diketahui bahwa program penanggulangan HIV-AIDS termasuk dalam standar pelayanan minimal kesehatan yang harus didukung dengan kegiatan operasional, baik di provinsi maupun kabupaten kota dengan dukungan biaya yang memadai.

Hal tersebut dalam rangka pencapaian target Free Zero HIV tahun 2030, diantaranya ; Pertama, tidak ada lagi penularan infeksi baru HIV,

Kedua, tidak ada lagi kematian akibat AIDS,

Ketiga, tidak ada lagi stigma dan diskriminasi pada orang dengan HIV-AIDS (ODHA).

Rudi Dewanto menyampaikan, pengendalian HIV-AIDS perlu diupayakan di daerah melalui program-program yang mendukung kegiatan standar pelayanan minimal kesehatan, berkolaborasi dengan sektor terkait bersama KPA provinsi dan kab/kota.

"Oleh karena itu, keberadaan KPA adalah sebagai wadah koordinasi dalam penanggulangan HIV-AIDS khususnya dalam menggerakkan pelaksanaan penanggulangan AIDS di daerah", ucap Rudy Dewanto

Ia juga menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan ini dan berterima kasih kepada semua yang terlibat atas terlaksananya kegiatan Rakor KPA se-Sulteng.

"Saya juga menghimbau kepada para pengambil kebijakan di daerah agar peduli dan berkomitmen mendukung penanggulangan AIDS, khususnya dalam biayaan pengendalian HIV-AIDS, dimana kita ketahui bahwa pengadilan HIV-AIDS merupakan salah satu program yang masuk dalam salah satu target SPM kesehatan", ujarnya.

Terakhir, Rudi menyampaikan, dari hasil pemantauan bahwa belum semua KPA Kabupaten aktif melaksanakan upaya penanggulangan HIV-AIDS karena tidak didukung dengan biaya operasional yang memadai.

Untuk itu dalam kesempatan ini, Rudi menghimbau agar pimpinan daerah dan semua anggota KPA kabupaten kota mempunyai perhatian dan peduli HIV-AIDS agar tercipta masyarakat Sulawesi Tengah yang sehat bebas HIV menuju Sulawesi Tengah lebih sejahtera dan lebih maju.

Turut hadir : Sekertaris KPA Sulteng dr. Muslimah beserta jajaran dan seluruh Perwakilan KPA Kab/Kota se-Sulawesi Tengah.

Sumber : PPID Utama/Humas Pemprov Sulteng

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini