Notification

×

Poros

Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Sport

iklan-admindesku

Indeks Berita

Whats-App-Image-2023-10-14-at-15-02-39-57158036

Hot Isue

Tag Terpopuler

Pencanangan Kampung Keluarga Berkualitas Dan Deklarasi Layak Anak Di Wilayah Parimo.

Selasa, 15 Oktober 2024 | Oktober 15, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-10-16T00:20:15Z


PorosSulteng-Parigi Moutong - Pj (Penjabat) Bupati Parigi Moutong Richard Arnaldo Melakukan Pencanangan Kampung KB dan Deklarasi Kecamatan. Serta Desa Layak Anak dikabupaten Parigi Moutong, Bertempat di Aula Kantor Camat Moutong,Selasa(15/10/2024).

Pj Bupati dalam sambutannya mengatakan secara umum kampung keluarga berkualitas bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program kependudukan, kb, dan pembangunan keluarga, serta pembangunan di berbagai sektor, dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

"seperti instruksi presiden republik indonesia (inpres) nomor 3 tahun 2022, dan menindaklanjuti surat direktur jenderal bina pembangunan daerah kementerian dalam negeri ri tahun 2023 perihal optimalisasi penyelenggaraan kampung keluarga berkualitas. sehubungan dengan hal tersebut, maka di bentuklah tim koordinasi penyelenggaraan kampung keluarga berkualitas tingkat provinsi, kabupaten dan kota,"Ujar Pj Bupati.

Kemudian,secara khusus, kampung keluarga berkualitas dibentuk untuk meningkatkan peran seluruh pihak dalam memfasilitasi, mendampingi, dan membina masyarakat untuk penyelenggaraan program kependudukan, kb, dan pembangunan keluarga dan pembangunan sektor terkait.

selanjutnya beliau mengatakan, hari ini juga akan dilaksanakan kegiatan sosialisasi dan deklarasi kecamatan/kelurahan/desa layak anak tahun 2024.untuk itu, pemerintah daerah berkomitmen bersungguh-sungguh bersama elemen masyarakat menjamin terpenuhinya hak anak, melalui peraturan daerah parigi moutong nomor 3 tahun 2018 tentang kabupaten layak anak.

dalam rangka mewujudkan kabupaten layak anak (kla) sesuai dengan amanat undang-undang nomor 35 tahun 2014, bahwa pemerintah daerah berkewajiban dan bertanggung jawab dalam mewujudkan kabupaten/kota layak anak.

Masih pada kesempatan yang sama, Kepala Perwakilan BKKBN Prop.Sulteng,Tenny Calvenny Soriton,S.Sos.MM juga menyampaikan Ada beberapa nilai positif dan harapan kita semua melalui kegiatan ini diantaranya:

1. Program Bangga Kencana Keluarga dapat memberikan kontribusi yang maksimal dalam melaksanakan Pengendalian Penduduk di desa yang menjadi Kampung KB, yang tentunya akan berpengaruh terhadap Pembangunan dan mengurangi laju pertumbuhan penduduk yang dimulai dari kampung-kampung KB atau desa/kelurahan.

2. Kampung KB ini keberadaannya sangat diperlukan. Sebab keberhasilan seluruh program lintas sektor akan sangat membantu dalam meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia dan kesejahteraan keluarga pra-sejahtera untuk menuju yang lebih baik.

Dengan ditetapkannya seluruh desa di Kecamatan ini sebagai kampung KB akan mendorong pembangunan masyarakat menuju masyarakat yang sejahtera dari tingkat keluarga.

3. Dengan melalui wadah Kampung KB kita akan memberikan akses pelayanan kepada keluarga/ masyarakat utamanya pelayanan terhadap kebutuhan-kebutuhan mendasar seperti pemenuhan pendidikan, keterampilan, kesehatan, penanaman nilai-nilai dan norma agama, adat istiadat, dan lain sebagainya, dan semua itu dilaksanakan secara bersinergi dengan sektor terkait lainnya untuk peningkatan kesejahteraan keluarga/masyarakat.

Sebelum mengakhiri sambutannya Pj Bupati juga berharap pemerintah di kecamatan dapat mendukung dan bekerjasama untuk mewujudkan kabupaten parigi moutong menjadi kabupaten layak anak.

Sumber: Dinas Kominfo Parimo/Vy

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini